Skip links
Published on: Aktifitas di Nusa Penida

Diving di Nusa Penida

Diving di Nusa Penida-Bagi anda yang ingin menikmati liburan wisata bawah laut, melihat keindahan bawah laut yang dihiasi terumbu karang serta ikan – ikan laut yang beraneka ragam. Nusa Penida  sudah dikenal banyak wisatawan dengan keindahan bawah lautnya yang mempersona untuk melakukan aktivitas diving. Nusa Penida memiliki air laut yang sangat jernih sehingga terumbu karang akan terlihat jelas saat melakukan diving serta biota bawah lautnya begitu  banyak batu karang dan ikan-ikan yang beraneka warna. Nusa Penida memiliki wilayah diving yang cukup luas, ada beberapa lokasi diving yang sudah banyak di kenal wisatawan seperti : Toyapakeh, Blue Corner, Crystal Bay, Malibu Point, Gamat Bay, Manta Point, Vertigo Point, Lembongan Bay, dan SD Point. Anda dapat melihat kura-kura, karang abu – abu, ikan hiu dan disini anda bisa melihat ikan Mola-Mola pada bulan Agustus-Oktober.

Lokasi Diving di Nusa Penida

Manta Point

manta-point-nusa-penida-1200x575Di Manta Point salah satu lokasi diving di Nusa Penida ini memiliki karakteristik yaitu terdapat Ikan pari Manta raksasa yang berada di sekitar cleaning station di Manta Point. Beberapa dari Ikan Manta disini memiliki rentang sayap lebih dari 3 meter, yang dihiasi dengan motif unik terdiri dari warna hitam, abu – abu, putih di bagian bawah sayapnya anda akan terkagum-kagum dengan ukuran dan keindahan ikan ini. Bagi wisatawan yang sedang melakukan diving disini disarankan menjaga jarak dengan ikan manta ini. Selain Ikan Manta disini juga terdapat gerombolan ikan pari bintik biru. Penyelam juga dapat menemukan gurita di dalam batu-batu kapur, ikan hiu bambu, ikan tuna dan lainnya.

Crystal Bay

sunset-pantai-crystal-bay-nusa-penida-540x405Crystal Bay adalah Lokasi diving yang paling populer karena merupakan salah satu tempat terbaik di Bali untuk bertemu ikan Mola-mola, serta terdapat sebuah gua yang dipenuhi oleh banyak kelelawar yang tidur dibagian dinding atas. Perairan di Crystal Bay biasanya bening dan akan terasa sangat dingin pada musim kemarauan. Suhunya dapat menurun hingga 15 derajat celsius, ikan Mola-Mola justru menyukai kondisi tersebut dan ini merupakan kesempatan yang baik untuk para penyelam menyaksikannya. Selain terdapat ikan Mola-Mola di Crystal Bay para penyelam juga dapat bertemu dengan ikan hiu woebegone, hiu karang, pari elang, lumba-lumba, pari bintik biru, napoleon wrasse, dan masih banyal lagi biota laut yang bisa penyelam temukan.

Gamat Bay

Gamat BayTempat Diving ini berada berdekatan dengan Toyapakeh. Gamat Bay terkenal dengan keindahannya dan kekuatan arusnya dengan lokasi selam yang sangat menantang. Yang sangat menarik di Gamat Bay menyelam dengan diding karang yang berada di pinggiran teluk. Di dasar Gamat Bay terdapat kelompok koral dan gundukan karang berbentuk indah dimana karang – karang ini menjadi tempat ikan-ikan untuk berlindung. Untuk anda pencinta fotografi alam bawah laut Gamat Bay lokasi yang tepat untuk anda mengabadikan foto.

Malibu Point

malibu-point-nusa-penida-1080x540Dive site yang satu ini terkenal sebagai salah satu situs terbaik di Nusa Penida. Para penyelam bisa melihat hiu karang, ikan pari, pelangi runner, ikan tuna dan ikan Mola- Mola(Juli-September) dengan jarak pandang 20 meter.

 

Toyapakeh

Diving di Toya Pakeh Nusa Penidaa.Toya Pakeh hanya berjarak 20 menit dari padangbai dengan menyebrang menggunakan fastboat. dengan lokasi menyelam dimulai dari kedalaman 6 meter dengan terumbu karang terdiri dari karang yang lunak dan keras. Sedangkan disekitar kedalaman 10 meter anda dapat melihat gundukan koral dengan banyak ikan sweetlips, jackfish, batfish, napoleon wrasse dan kura – kura. Di lereng yang lebih dalam anda kemungkinan bisa bertemu dengan ikan Mola-Mola .

Blue Corner

bluecorner@thenusapenida-470x309Tempat diving yang satu ini menawarkan karang yang miring dengan kedalaman teras 20 sampai 30 meter. Blue Corner memiliki arus yang kuat dari pada tempat diving yang lainnya yaitu 3-4 knot. Selama menyelam anda dapat bertemu dengan kelompok besar ikan pari elang, pari bintik hitam, tuna, kura-kura, lumba – lumba, hiu paus, trevally, barracuda, belut morray, manta dan ikan mola-mola sangat senang berada disini.

 

SD Point

SD Point dive site para menyelam dapat bertemu ikan besar seperti Giant Trevally, Hiu dan jika beruntung anda bisa melihat Sunfish Mola-Mola pada musimnya antara bulan Juni-Oktober. Tempat ini sangat cocok bagi para penyelam yang mencari petualangan yang lebih tinggi.

Call Now Button
Need Help? Chat with us