Skip links
Published on: Destinasi Nusa Lembongan

Goa Gala-Gala Nusa Lembongan (Gala-Gala Underground House)

Goa Gala-Gala Nusa Lembongan – Nusa Lembongan memiliki banyak destinasi wisata, dengan pemandangan alamnya yang luar biasa. Selain pesisir pantai yang indah Nusa Lembongan juga memiliki objek wisata yang menarik dan unik, salah satunya adalah Goa Gala-Gala atau yang lebih dikenal oleh wisatawan  dengan nama Uderground House. Kenapa dinamakan Underground House karena Goa ini merupakan sebuah rumah yang berada di bawah tanah. Menurut cerita masyarakat setempat, Goa Gala-Gala Nusa Lembongan di bangun oleh seorang Petapa Hindu yang bernama Mangku Byasa.

ua-gala-gala-nusa-lembongan-800x380

Proses pembangunan Goa Gala-Gala ini memerlukan waktu selama 15 Tahun yaitu pada tahun 1961 sampai dengan tahun 1976. Dibangun dengan menggunakan peralatan tradisional seperti linggis dan dibantu dengan adonan kotoran sapi yang di bakar bertujuan untuk melunakan batu kapur yang ada dibawah tanah. Sehingga mempermudah proses penggalian, oleh karena itu proses pembuatan Goa Gala-Gala ini terbilang sangat lama.

 

Uniknya Goa Gala-Gala Nusa Lembongan

Goa Gala-Gala berada di Desa Lembongan, Nusa Penida. Goa yang memiliki keunikan yang berada sekitar 7 meter di bawah tanah dengan luas sekitar 500 meter persegi, sudah banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara karena keunikan dari Goa Gala-Gala ini. Anda tidak perlu khawatir mengalami kepanasan didalam Goa Gala-Gala ini karena sudah memiliki 3 lobang ventilasi yang berfungsi sebagai sirkulasi udara. Oleh karena itu anda tidak akan merasa kepanasan ketika mengelilingi goa tersebut. Ketika memasuki Goa Gala-Gala Nusa Lembongan harus merunduk agar tidak terbentur dengan dinding-dinding Goa. Goa ini dulunya sebagai tempat tinggal dari Mangku Byasa sekaligus sebagai tempat bermeditasi yang jauh dari keramaian, Oleh karena itu terdapat beberapa ruangan yang bisa kita jumpai saat memasuki goa ini seperti ruangan meditasi, ruang tidur, ruang tamu, dapur dan sumur. Anda tidak perlu takut kegelapan di goa ini terdapat lampu disetiap sudut ruangan.

Sejarah Goa Gala-Gala Nusa Lembongan

Goa Gala-Gala dibuat oleh pemangku Made Byasa karena terinspirasi dari cerita pewayangan Hindu Mahabrata yang menceritakan kehidupan Pandawa yang sedang melakukan pelarian dari pasukan Kurawa, karena merasa tidak aman. Oleh karena itu mereka membuat tempat perlindungan khusus membangun sebuah gua. Dari kisah inilah Made Byasa mengilhami kisah Mahabrata ini dan membangun goa untuk mewujudkan impiannya. Made Byase adalah seorang dalang, beliau biasanya melakukan pertapaan untuk mendekatkan diri kepada yang maha kuasa.

Untuk menuju objek wisata Goa Gala-Gala dari pelabuhan Mushroom Bay sekitar 1.5 km  dan dari Jungut Batu anda menempuh jarak kurang lebih 3,7 km. Untuk dapat memasuki objek wisata Goa Gala-Gala anda hanya membayar tiket masuk per orang Rp. 20.000. Nikmati berlibur di Goa Gala-Gala Nusa Lembongan tanpa merogoh kocek anda dapat memilih paket tour di Nusa Lembonga untuk menjelajahi pulau kecil ini.

So kalau anda tertarik untuk liburan ke Gao Gala Gala atau tempat wisata lainnya di Nusa Lembongan, anda bisa memilih PAKET 2 HARI 1 MALAM NUSA PENIDA + LEMBONGAN yang sudah include dengan fast pulang pergi.

Gallery Goa Gala-Gala Nusa Lembongan

Call Now Button
Need Help? Chat with us