Skip links
Published on: Aktifitas di Nusa Penida

Menyelam Bersama Ikan Mola-Mola

Menyelam Bersama Ikan Mola-Mola-Belibur di Pulau Bali, tentunya tersedia berbagai pilihan aktifitas yang dapat anda lakukan terutama menikmati indahnya lautan biru yang mengitari pulau Bali. Pantai menjadi salah satu daya tarik wisata yang sangat digemari wisatawan. Mulai dari olahraga air, atau sekedar duduk santai menikmati udara segar dan pemandangan ombak. Nah bagi anda pencinta olahraga air tentunya wajib mencoba aktivitas menyelam bersama ikan fenomenal di Nusa Penida. Jika anda berlibur di Nusa Penida Bali jangan lewatkan kesempatan bertemu ikan ajaib penghuni laut Nusa Penida yaitu ikan Mola-Mola.

Keunikan dari Ikan Mola-Mola

Ikan Mola-Mola  ini bisa anda jumpai jika melakukan aktivitas menyelam di perairan Nusa Penida. Anda dapat menyasikan uniknya ikan Mola-Mola pada bulan Agustus hingga Oktober. Ikan Mola-Mola menjadi icon laut Nusa Penida, dengan bentuk yang unik memiliki kepala yang besar dengan mata jenaka dan dua sirip yang menjulang terlihat tanpa ekor. Ikan Mola-Mola Raksasa memiliki berat sekitar 1-2,5 ton dan panjang sekitar 3-4 meter, sedangkan ikan Mola-Mola yang baru menetas berukuran kurang lebih 2.5 cm. Ikan Mola-Mola memiliki cara berenang yang unik berlenggak-lenggok , terkadang sesekali berenang dengan membalikan sisi tubuhnya. Ikan Mola-Mola tidak  tahan dingin , maka dari itu pada malam hari ikan ini dapat menyelam dengan kedalaman 600 meter dan pada pagi hari adalah saatnya ikan Mola-Mola berjemur  ke permukaan laut, itulah sebabnya dia dijuluki dengan nama Sunfish. Ikan Mola-Mola dapat bertahan hidup pada suhu tropis dan bersuhu hangat, jika suhu di bawah 12 derajat celcius maka ikan ini bisa mati.

Diving Bersama Ikan Mola-Mola

Karakteristik Ikan Mola-Mola

Ikan Mola-Mola raksasa laut tanpa ekor ini tidaklah berbahaya seperti ikan predator laut lainnya, makanan pokok dari ikan ini hanyalah ubur-ubur. Ikan Mola-Mola terkenal sebagai ikan yang memiliki rasa ingin tahunya tinggi. Ikan ini sangat suka mendekati manusia khususnya para Snorkeling dan Diving. Para penyelam dapat mengabadikan moment dengan dengan berfose bersama ikan  Mola-Mola ini. Ikan Mola-Mola sudah termasuk jenis ikan yang terancam punah, seiring menjadi korban kecelakaan dalam lalu lintas perairan laut, menjadi korban tabrakan dari kapal-kapal besar dan sering tersangkut di baling-baling kapal. Geraknya sangat lamban sehingga tidak bisa menghindar dari kecepatan kapal tersebut. Namun di Bali ikan Mola-Mola termasuk satwa yang di lindungi terutamanya di Nusa Penida, ikan Mola-Mola hanya sebagai objek wisata para penyelam dan dibiarkan hidup di habitatnya.

Menyelam Bersama Ikan Mola-Mola,

Call Now Button
Need Help? Chat with us