Skip links
Published on: Destinasi Nusa Penida

Pura Batu Medawu Nusa Penida

Pura Batu Medawu Nusa Penida – Pulau Nusa Penida selain memiliki pesisir pantai yang indah, pulau ini juga sebagai tujuan wisata spiritual tirta yatra dimana di Nusa Penida memiliki banyak pura dimana pada masing-masing pura memiliki sejarah tertentu. Salah satu pura yang ada di Nusa Penida yaitu Pura Batu Medawu. Pura Batu Medawu merupakan salah satu pura terbesar yang ada di Nusa Penida yang berada di Desa Suana, sebelah barat Dusun Semaya. Pura ini termasuk sebagai pura sad kahyangan.

Menurut seorang pemangku Pura Batu Medawu yaitu Jero Mangku Sugianta, pura ini merupakan satu diantara tiga pura Tri Purusa di Nusa Penida. Tri Purusa merupakan tiga pura utama yang berada di Nusa Penida yaitu Pura Dalem Ped, Pura Puncak Mundi dan Pura Batu Medawu. Ketiga pura ini diyakini sebagai cikal bakal dan peradaban budaya masyarakat Nusa Penida.

Pura Batu Medawu Nusa Penida

Pura Batu Medawu Besar

Sejarah Pura Batu Medawu 

Menurut cerita Jero Mangku setempat, nama Pura Batu Medawu berasal dari kata perahu medah batu atau perahu yang membelah batu. Ini dipercayai dan di perkuat dengan adanya cerita babad Nusa Penida. Yang menceritakan kisah tentang I Renggan salah satu cucun Dukuh Jumpungan yang ingin menguasai Bali, dengan menggunakan perahu saktinya. Dia diyakini bisa merubah daratan yang dilewati perahu tersebut berubah menjadi lautan. Tetapi Bhatara Toh Langkir yang mengetahui keinginan itu sehingga membuat I Renggan  tidak bisa mengendalikan perahunya. Sehingga perahu I Renggan terdampar di Manggis, Karangasem dan menabrak pulau yang ada disana, dan membuat pulau tersebut terbelah menjadi pulau kecil-kecil disekitar Padang Bai. Dan akhirnya I Renggan kembali ke timur pulau Nusa Penida. Ketika hendak menambatkan perahunya, ternyata perahunya tidak terkendali. Perahu tersebut  lewat ke pantai dan membelah gundukan batu. Di tempat terdamparnya perahu I Renggan dibuatkan suatu tempat pemujaan yang sekarang disebut Pura Batu Medawu . Yang memperkuat cerita ini bisa dilihat di Pura Batu Medawu tepat berada di pura segaranya terdapat sebuah bangunan yang menyerupai ekor perahu dan menggambarkan perahu mebelah gundukan baru.

Nama Pura Batu Medawu berasal dari kata perahu medah batu atau perahu yang membelah batu, ini dipercaya karena kisah tentang I Renggan salah satu cucu Dukuh Jumpungan yang ingin menguasai Bali dengan perahu saktinya. Ia diyakini bisa membuat daratan yang dilewati perahu tersebut menjadi lautan. Tetapi Bhataea Toh Langkir yang mengetahui keinginan itu membuat I Renggan tidak bisa mengendalikan perahu dan tertidur pulas. Perahu kemudian terdampar di Manggis, Karangasem dan menabrak pulau yang ada disana dan terbelah menjadi pulau kecil – kecil di sekitar Padang Bai. Karena kegagalannya, I Renggan kembali ke timur pulau Nusa Penida. Saat akan menambatkan perahunya, ternyata perahu tidak terkendali dan justru malah lewat ke pantai dan membelah gundukan batu. Mungkin ini sudah menjadi titah Hyang Widhi, bekas perahu I Renggan dibuat suatu tempat pemujaan yang sekarang disebut Pura Batu Medawu. Yang memperkuat cerita ini bisa dilihat di Pura Batu Medawu tepat di pura Segaranya, dari simbolisasi berupa bangunan yang mirip ekor perahu yang menggambarkan perahu membelah gundukan baru.

Pura Batu Medawu

Pura Batu Medawu Nusa Penida

Konsep Tata Ruang Nyegara Gunung

Pura Batu Medawu memiliki konsep nyegara gunung. Dimana dalam artian yaitu perpaduan antara daratan dan lautan, dalam satu wujud keindahan. Di Pura Batu Medawu pemedek akan melakukan 3 kali persembahyangan yaitu di Pura segara, Pura Taman dan Pura Penataran. Dan alur persembahyangan terlebih dahulu dimulai dari Pura Segara, setelah itu dilanjutkan ke Pura Taman dan terakhir di Pura Penataran. Dari Pura Batu Medawu kita dapat menyaksikan matahari terbit dan tenggelam di tambah dengan keindahan pemandangan sekitar pura. Bagi para pemedek yang ingin tangkil pada saat piodalan di Pura Batu Medawu, dilaksanakan setiap 6 bulan sekali berdasarkan pawukon tempatnya pada Buda Kliwon Wuku Pahang. Biasanya banyak pemedek yang takil pada saat piodalan.

Untuk menuju Nusa Penida tentunya anda membutuhkan fast boat sebagai trasportasi yang cepat dan aman dalam penyebrangan, Thenusapenida.com menyediakan layanan tiket fast boat dan tour di Nusa Penida. Untuk info lebih lanjut bisa hubungi no telepon/Wa di 081236189001

Untuk infomasi Destination tempat wisata yang lain di Nusa Penida yang lain, silahkan KLIK DISINI

Untuk booking ticket fast boat ke Nusa Penida, silahkan KLIK DISINI

Call Now Button
Need Help? Chat with us